Jumat, 02 Januari 2015



PERPUSTAKAAN

Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Perpustakaan berfungsi sebagai salah gudang ilmu, gudang informasi, dan sumber pengetahuan. Mulyani A. Nurhadi dalam Abner sitorus mendefinisikannya perpustakaan sebagai suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematis dengan cara tertentu, untuk digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai sumber informasi (1983:4).

Sebagaimana yang telah dibahas di atas bahwa misi yang disandang oleh perpustakaan ini tentunya adalah sejalan dengan amanat dari Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga segenap unsur yang terkait dalam merumuskan keberadaan, pelayanan dan pelaksanaan perpustakaan ini perlu bekerja keras agar dapat mendukung terwujudnya perpustakaan yang ideal demi mencetak generasi bangsa Indonesia yang cerdas dan pada akhirnya hal ini akan menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera pula.

Perpustakaan dengan kondisinya yang sekarang ini dalam pandangan masyarakatnya belumlah seutuhnya sebagaimana yang mereka impikan. Oleh karena itu banyak masyarakat yang mengharapkan bahwa perpustakaan seharusnya seperti gambaran dan impian yang ada dalam benak mereka. Gambaran dan impian tersebut yang terangkum di bawah ini antara lain adalah : (1) gedung dan bangunan yang megah atau mewah dengan sejumlah ruangan yang memadai, (2) para pegawai yang bersemangat, berintegritas, berdisiplin dan menjiwai serta loyal kepada pekerjaan, (3) lokasi yang strategis dengan lahan yang luas dan mudah diketahui masyarakat dan mudah dijangkau pengunjung disertai sejumlah papan penunjuk, (4) sarana dan prasarana yang memadai, perlengkapan/inventaris kantor yang baik dan standar, seperti meubiler, alat transportasi, dan beberapa mesin untuk mendukung pelaksanaan aktivitas organisasi, (5) sumber informasi (koleksi) bahan pustaka yang relatif lengkap, bervariasi, bermutu dan jumlah yang memadai dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (up to date), (6) tersedia dan dilengkapi penerapan teknologi, terutama teknologi informasi, dan (7) sistem, prosedur dan mekanisme kerja yang baik (Supriyanto, 2006 : 28). Hal tersebut di ataslah yang seyogyanya diwujudkan pada suatu perpustakaan dan sekaligus dapat dikatakan apabila hal ini terlaksana, merupakan perpustakaan yang ideal ataupun yang baik

 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar